Skip to main content

Inilah Manfaat Batang Tanaman Talas Yang Jarang Orang Tau

TIPS KESEHATAN - Talas ialah tanaman yang sudah familiar di pendengaran orang Indonesia. Apalagi untuk anda yang berasal dari kawasan bogor, niscaya tanaman ini sudah tak abnormal lagi, sebab Talas bogor memang populer sangat. Bahkan talas juga sudah sanggup di manfaatkan untuk banyak sekali macam olahan makanan. Untuk batang tanaman talas ini sering disebut dengan nama lompong. Banyak sekali manfaat dari tanaman talas ini, tak hanya dagingnya saja namun batangnya pun juga mempunyai banyak manfaat. Berikut ini ialah beberapa klarifikasi mengenai manfaat dari batang talas, yuk mari simak bersama :


Manfaat Batang Tanaman Talas Untuk Kesehatan

Mengobati Diare
Bakteri E.Collie ialah sumber dimana penyakit diare itu muncul. Nah untuk mengatasi diare, sanggup memakai 30 gram batang talas dan 30 gr patikan kebo. Silahkan basuh materi dan lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian rebus semua hingga air mendidih hingga tinggal 3 gelas air, lalu saring dan minum pagi dan sore.

Mengobati Disentri


Disentri ialah merupakan penyakit infeksi usus. Penyakit ini ditandai dengan buang air besar yang bercampur lendir atau sanggup juga darah. Disentri ini biasa disertai dengan rasa mulas, mual, demam dan juga kram perut.

Namun jangan kuatir, ada hanya perlu menyiapkan 20 gram pangkal batang talas segar lalu direbus dengan 2 gelas air hingga air yang tersisa tinggal setengahnya. Kemudian saring dan tambahkan gula seperlunya saja. Silahkan minum selagi hangat setiap hari hingga disentri sembuh.



Mengobati Radang Ginjal

Radang ginjal ternyata sanggup di obati memakai umbi talas. Caranya ialah siapkan ½ kg umbi talas yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian iris tipis tipis dan jemur hingga kering. Jika sudah kering sanggup di sangrai hingga matang dan giling hingga menjadi debu halus. Untuk mengkonsumsinya, silahkan campurkan setengah sendok teh debu umbi talas dengan satu gelas air hangat, silahkan minum ramuan ini 1 hingga 2 gelas sehari hingga radang ginjal sembuh.

Mengobati Kanker
Batang talas mempunyai kandungan saponin. Saponin ini ialah sejenis glikosida, yang akan bertugas untuk melawan sel kanker tanpa mengganggu kegiatan sel yang sehat.

Mengobati Biduran


Biduran ternyata juga sanggup di obati memakai belahan akar talas. Caranya dengan menyiapkan 30 gram akar talas, lalu basuh hingga bersih. Silahkan rebus akar talas yang sudah di basuh bersama iga sapi hingga benar benar iga sapinya matang. Kemudian minum air rebusan tersebut selagi masih hangat, untuk iga yang telah direbus tadi juga sanggup dimakan.

Mengobati Nyeri Otot Dan Sendi
Nyeri otot dan sendi ternyata juga sanggup di sembuhkan memakai khasiat batang talas. Carannya cukup mudah, siapkan batang talas yang bersahabat dengan belahan akarnya, lalu Kupas kulit luarnya dan tumbuk hingga benar benar halus. Tambahkan satu sendok cuka beras dan aduk hingga merata. Silahkan oleskan ramuan ini untuk otot dan sendi yang terasa nyeri.

Mengobati Bisul
Getah yang sering keluar dari batang talas ternyata sanggup dipakai untuk mengobati bisul. Selain itu, manfaat getah talas ternyata juga sanggup meredakan rasa nyeri dan juga menghentikan peradangan. Namun sayang, banyak orang yang mempunyai kulit sensitif, kalau terkena getah tanaman ini maka akan mencicipi gatal. Oleh sebab itu, sebelum mencobanya, silahkan oleskan dulu getah talas ke belahan kulit yang sehat sebelum mengoleskannya pada bisul. Ini untuk mengetahui alergi atau tidaknya kulit yang akan di olesi.

Antioksidan


Saponin yang terkandung didalam batang talas ternynata tidak hanya berfungsi untuk antimutagenetik, namun juga sanggup menghambat kerusakan DNA dan berfungsi sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi batang talas maka badan kita akan sanggup menangkal efek jelek dari lingkungan.

Baik Untuk Sistem Pencernaan
Batang talas juga mempunyai kandungan serat alami terbaik. Didalam 100 gram umbi talas, ternyata mengandung sekitar 4,1 gram serat atau setara dengan 11% kebutuhan serat harian.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat batang tanaman talas untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, terimakasih sudah mampir kesini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar