Skip to main content

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh- Tubuh insan memang membutuhkan banyak sekali jenis vitamin menyerupai A, B, C, D, E, K. Masing masing vitamin tersebut mempunyai peranan penting untuk badan manusia. Berbagai vitamin tersebut sebagian besar terkandung di dalam makanan seperti sayur mayur dan buah buahan. Sebenarnya semua vitamin tersebut sangatlah di butuhkan oleh badan manusia, namun dalam artikel kali ini akan membahas wacana beberapa manfaat dari vitamin D.


Secara umum vitamin D berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi mansia biar lebih baik dan kuat. Beberapa kuliner yang mengandung vitamin D yaitu menyerupai ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Sinar matahari pagi juga termasuk mengandung vitamin D yang sangat diharapkan badan kita, alasannya yaitu sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang terutama untuk anak batita. Namun perlu di ingat, jangan hingga menjemur di atas jam 8 alasannya yaitu sengatan matahari sudah mulai panas. Untuk menjemur balita cukup sekitar 30 menit saja dan jangan terlalu usang alasannya yaitu fungsi kulitnya belum sempurna.

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin D mempunyai kandungan molekul aktif yang disebut kalsitriol. Ini berfungsi untuk metabolisme badan yang mana membantu peresapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Selain itu kalsitriol berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebalan badan manusia. Oleh alasannya yaitu itu biar selalu sehat dan tidak sakit-sakitan, maka sebaiknya mengkonsumsi kuliner yang mengandung vitamin D menyerupai sayuran hijau dan buah-buahan. Ini bertujuan biar badan selalu sehat dan tidak gampang terjangkit penyakit. Beberapa penyakit seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, maupun masuk angin akan jarang menyerang badan Anda alasannya yaitu sudah terlindungi oleh vitamin D dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker Payudara

Mengkonsumsi kuliner yang banyak mengandung vitamin D ternyata sanggup menghambat sel sel kanker biar tidak berkembang. Dengan mengkonsumsi kuliner yang mengandung vitamin D maka hal ini akan dapat mencegah dan terhindar dari penyakit kanker payudara yang sangat berbahaya. Sumber vitamin D bisa didapatkan dari banyak sekali kuliner alami menyerupai sayuran hijau dan buah-buahan yang gampang ditemui di sekitar kita. Bisa juga dengan mengkonsumsi pelengkap vitamin D yang bias di temukan di apotik atau toko obat di sekitar kawasan tinggal anda, namun harus berkonsultasi dulu pada dokter biar lebih aman.

3. Meremajakan Kulit

Manfaat lain dari vitamin D yaitu membantu meremajakan sel-sel kulit tubuh. Dengan bantuan vitamin D ini maka kulit tubuh akan lebih sehat dan terlihat segar. Apalagi untuk vitamin D2 dan D3 yang sanggup mencegah gangguan pada kulit menyerupai psoriasis. Vitamin ini biasa sebagai adonan dalam pembuatan produk perawatan dan kecantikan tubuh. Oleh alasannya yaitu itu, ketika membeli produk-produk kecantikan kulit, sebaiknya di cek terlebih dahulu, apakah mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk kulit badan Anda atau tidak.

4. Mengobati Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia sendiri yaitu penyakit yang sanggup ditemui pada jaringan manusia. Sebab utama dari penyakit ini yaitu proses pembentukan lapisan mineral pada tulang insan tidak berfungsi dengan normal. Tulang gres terbentuk tapi tidak ada lapisan yang mendukungnya, sehingga tulang menjadi lunak serta gampang retak dan patah. Osteomalacia biasa menyerang orang remaja menyerupai halya penyakit osteoporosis pada orang lanjut usia. Untuk pencegahan penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi kuliner dan pelengkap vitamin D. Namun untuk pelengkap vitamin D atas harus dengan petunjuk dokter. Manfaat sinar matahari pagi juga membantu untuk menyembuhkan osteomalacia.

5. Mencegah Rakhitis Pada Anak Anak

Pada usia anak anak susunan tulang sedang tumbuh dan berkembang. Di usia ini sangat perlu diperhatikan asupan banyak sekali kuliner yang dikonsumsi anak-anak. Makanan yang sehat terdapat pada makanan seperti sayuran dan vitamin. Vitamin D ini sangat diharapkan bagi bawah umur dalam masa tumbuh kembangnya. Karena jika anak-anak kurang asupan vitamin D maka akan menjadikan rakhitis. Rakhitis adalah tulang yang tidak keras dan tidak kokoh alasannya yaitu kekurangan mineral di dalamnya, sehingga gampang patah dan rapun. Maka dari itu, berilah asupan sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin D, perlu juga dijemur di bawah sinar matahari pagi untuk pertumbuhan tulangnya.

6. Mencegah Osteoporosis

Asupan vitamin D dalam jumlah banyak perlu di berikan kepada orang yang sudah lanjut usia. Karena jika usia orang semakin renta itu berarti semakin menurun fungsi dan kandungan mineral dan vitamin di dalam tubuhnya. Maka dari itu para manula perlu diberikan asupan vitamin D yang bersumber dari makanan maupun suplemen. Tak hanya itu, bantuan dari sinar matahari di pagi hari juga sangat membantu dalam menjaga tulang pada orang yang sudah lanjut usia. 

Vitamin D ini akan diproses oleh badan ketika mendapat sinar matahari, berikut ini yaitu beberapa kuliner yang mengandung vitamin D :

•Ikan tuna, mackerel, dan ikan salmon
•Susu dan jus jeruk
•Susu kedelai
•Sereal
•Hati sapi
•Keju
•Kuning Telur
Itulah beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh, biar selalu sehat dan bugar, di anjurkan untuk mengonsumsi kuliner yang sehat dan bergizi. Semoga artikel ini sanggup memperlihatkan info yang bermanfaat untuk para pembaca, silahkan share artikel ini kepada teman dan juga sahabat anda agar mereka mendapatkan manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar