Skip to main content

Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan

Manfaat Vitamin K Untuk Kesehatan- Untuk menjaga kesehatan tubuh memang membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang cukup setiap harinya.  Mineral dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, nantinya akan mengoptimalkan kinerja organ tubuh supaya bekerja dengan baik dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ada banyak vitamin yang di butuhkan oleh tubuh manusia, dan beberapa vitamin menyerupai vitamin A, B, C, D, E sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas ihwal manfaat vitamin K untuk kesehatan. Vitamin K ini mempunyai peranan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat vitamin K, mari kita simak :

# MANFAAT VITAMIN K UNTUK KESEHATAN #

1. Membantu proses pembekuan darah

Vitamin K ini mempunyai manfaat yaitu untuk membantu proses pembekuan darah. Untuk proses pembekuan darah ini memang diperlukan oleh tubuh, apalagi pada saat mengalami luka, entah itu luka sayatan, luka jawaban jatuh ataupun luka bekas operasi. Zat besi yang ada di dalam tubuh sanggup mempercepat penyembuhan luka. Untuk itu vitamin K mempunyai kiprah penting dalam proses pembekuan darah. Selain itu vitamin K juga elok untuk penderita hemophilia.

2. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis ialah kondisi dimana tulang mulai mengalami pengeroposan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kandungan mineral, lantaran mineral sangat di butuhkan untuk membantu menguatkan tulang. Tulang insan membutuhkan kalsium dan fosfor untuk mencegah osteoporosis, di sini tugas vitamin K ini yaitu untuk membantu mempercepat dan mengoptimalkan peresapan kalsium dan fosfor, sehingga osteoporosis sanggup di cegah.

3. Menjaga kekuatan tulang

Manfaat lain dari vitamin K yaitu untuk menjaga kekuatan tulang tubuh. Dengan pemberian vitamin K maka resiko mengalami gangguan kerusakan tulang menyerupai osteoporosis akan sanggup di cegah. Dengan kekuatan tulang yang selalu terjaga maka kita sanggup melaksanakan acara dengan baik dan optimal.

4. Membantu pertumbuhan tulang

Manfaat selanjutnya dari vitamin K untuk bayi yaitu untuk membantu proses pertumbuhan tulang. Karena vitamin K dapat membantu peresapan mineral pada potongan tulang, maka vitamin K bisa di bilang sangat penting, apalagi untuk anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan, lantaran untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta sanggup menambah tinggi badan.

5. Mencegah munculnya diabetes

Vitamin K ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah munculnya diabetes. Karena vitamin K sanggup membentuk sistem perlawanan terhadap resistensi insulin. Yanng di maskud dengan resistensi insulin adalah salah satu penyebab munculnya diabetes. Vitamin K juga sanggup mempercepat dan mengoptimalkan metabolisme di dalam tubuh. Hal ini bisa mencegah munculnya resistensi insulin yang merupakan penyebab munculnya diabetes.

6. Mencegah Pendarahan pada hati

Untuk anda yang biasa mengonsumsi aspirin, antibiotik dan obat penenang secara berlebihan, wajib berhati hati, lantaran hal tersebut sanggup mengakibatkan munculnya pendarahan pada hati atau liver. Pendarah pada hati akan mengakibatkan fungsi hati menjadi tidak optimal, hal ini akan berbahaya untuk kesehatan. Oleh lantaran itu, tubuh kita membutuhkan vitamin K karena dapat mencegah pendarahan tersebut. Vitamin K ini berkhasiat untuk mencegah pendarahan yaitu dengan mempercepat dan memaksimalkan proses pembekuan darah pada tubuh.

7. Mencegah munculnya penyakit kanker

Selain itu vitamin K ini memiliiki manfaat yang baik untuk pencegahan penyakit kanker. Kanker juga termasuk penyakit kronis yang berbahaya dan mematikan. Manfaat dari vitamin K ini yaitu mampu untuk memperlambat proses perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dengan manfaat vitamin K ini maka proses perkembangan kanker tidak akan cepat menyebar dan lebih cepat untuk ditangani.

# Gejala yang akan terjadi jika kekurangan vitamin K #

Apabila asupan vitamin K dalam sehari mengalami kekurangan, maka ada beberapa gejala yang akan muncul yaitu :

1.Proses pembekuan darah tidak normal
2.Proses peresapan mineral yang utama pada potongan tulang yang tidak optimal

# Gejala yang akan terjadi jika kelebihan vitamin K #

Tak hanya kekurangan vitamin K saja yang mengakibatkan masalah, namun kelebihan vitamin K juga mengakibatkan masalah. Gejala tanda-tanda yang muncul jika mengalami kelebihan vitamin K :

1.Mual
2.Muntah
3.Anemia, atau kekurangan darah
4.Diare
5.Ruam pada potongan kulit

# Makanan sumber vitamin K #

•Suplemen vitamin K atau pelengkap multivitamin
•Kedelai
•Hati
•Asparagus
•Kol
•Brokoli

Itulah beberapa manfaat vitamin K untuk kesehatan, banyak yang belum paham akan pentingnya vitamin untuk kesehatan, Semoga artikel ini sanggup menunjukkan info yang bermanfaat untuk para pembaca, silahkan share ke sobat sahabat atau sahabat anda semoga mereka juga sanggup mengetahui manfaatnya.
Terimakasih sudah berkunjung. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar