Skip to main content

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah

Penyebab Munculnya Komedo Pada Wajah-Walaupun komedo berukuran kecil, namun hal ini kerap mengganggu penampilan, karenanya sumbatan sebum ini akan membuat kulit terlihat kusam dan juga berminyak. Apabila komedo diabaikan, maka lambat laun akan berubah menjadi jerawat atau acne vulgaris. Walaupun komedo bukan penyakit berbahaya, tetapi hal tersebut akan mengurangi tingkat kepercayaan diri kamu. Penyebab munculnya komedo pada wajah terjadi dikala ada sumbatan sebum pada pori-pori kulit yang terdapat folikel rambut yang mempunyai bentuk seperti bintik kecil dengan warna gelap atau putih. Apabila dipencet biasanya terasa sakit dan juga mengeluarkan nanah.


Komedo muncul dengan majemuk sebab; mulai dari masalah hormonal sampai gaya hidup. Nah berikut ini adalah lima penyebab utama munculnya bintik kecil yang di sebut komedo.

1. Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Jika sudah mulai menstruasi, maka produksi hormon estrogen dan progesteron akan berkurang. Tapi untuk hormon androgen akan menjadi lebih banyak didominasi sehingga merangsang acara kelenjar sebum. Hal inilah yang menyebabkan munculnya komedo secara bertahap.
2. Mengonsumsi Makanan Berlemak


Komedo juga dapat munul akibat pola makan sehari-hari. Banyak mengonsumsi masakan berlemak akan meningkatkan produksi minyak dalam tubuh. Beberapa teladan masakan yang mengandung lemak yang biasa ditemui sehari-hari, antara lain gorengan, cokelat, dan keju.
3. Malas Mencuci Wajah


Bebas dari sumbatan sebum, bukan berarti terhindar dari komedo. Kotoran juga debu yang menempel pada kulit pun sanggup menjadi penyebabnya. Terutama untuk kau yang tidak pernah mencuci wajah, pori-pori wajah pun niscaya tersumbat.
4. Produksi Sebum yang Berlebihan
Semua laki-laki dan wanita pasti mempunyai hormon androgen. Apabila jumlahnya berlebihan, maka secara otomatis produksi sebum juga akan meningkat. Nah hal ini memicu penyumbatan pada folikel rambut di bawah kulit sehingga muncul komedo.
5. Penggunaan Kosmetik

Untuk kau yang suka menggunakan kosmetik, kamu harus lebih hati-hati; Peralatan seperti penggunaan beberapa jenis alat rias sanggup memicu munculnya komedo. Semisal, menggunakan foundation, bedak, serta pelembap yang terlalu tebal. Jika pemakaian kosmetik menjadi kebutuhan, imbangi dengan mencuci wajah secara rutin. Pastikan, Anda tidak tidur dalam keadaan wajah kotor atau penuh riasan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar