Skip to main content

8 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya

8 Tanaman Obat Beserta Khasiatnya. Di Indonesia banyak sekali flora obat yang sanggup kita dapatkan dengan gampang. Padahal biasannya flora tersebut sering kali kita lihat di sekitar kita, namun ada kalanya kita tidak tahu perihal khasiat dari flora tersebut. Nah ini ada beberapa flora obat yang mungkin kalian pernah lihat sebelumnya tetapi belum tahu manfaat atau khasiat dari flora tersebut. Mari kita simak baik baik.

1. Daun Beluntas


Daun Beluntas memang sudah dikenal oleh banyak orang, namun hanya sedikit yang mengetahui manfaat dari flora beluntas ini. Tanaman ini mempunyai banyak cabang dan daun ini sering dijadikan sebagai pagar taman yang indah.

Untuk mengatasi amis badan, pegel linu, amis mulut, mengobati keputihan, rematik, perut kembung, dan juga mengilangkan nyeri pinggang, itulah beberapa manfaat dari daun beluntas. Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari flora yang satu ini.

2. Tanaman Obat Sambiloto


Tanaman Sambiloto ialah flora herbal yang sudah dipakai dari semenjak dulu untuk mengobati berbegai penyakit. Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Green chiretta dan flora ini berasal dari India juga Srilangka. Sekarang flora ini tumbuh subur di aneka macam kawasan tropis menyerupai Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara di Benua Amerika.

Daun sambiloto sanggup di manfaatkan untuk obat untuk menurunkan panas badan, memperlancar air seni, obat sakit perut, dan untuk mengobati kencing manis. Pada sebuah penelitian menyimpulkan bahwaair hasil rebusan daun sambiloto sanggup dipakai untuk menurunkan kadar gula sebanding dengan pertolongan suspensi glibenclamid.

3. Daun Dewa


Apakah anda pernah mendengar flora daun dewa? Bukan daun yang khusus untuk para tuhan ya, namun daun tuhan ialah salah satu flora apotik hidup yang banyak dipakai untuk obat herbal. Tanaman ini biasa tumbuh subur di kawasan yang mempunyai ketinggian 200-800 di atas permukaan laut. Masyarakat Jawa biasa menyebut flora ini dengan sebutan daun sambung nyowo (daun penyambung nyawa).

Daun sambung nyowo ini memang mempunyai bermacam-macam manfaat salah yaitu salah satunya untuk mengobati penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit yang sanggup diobati dengan daun ini ialah kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes militus, dan pendarahan. Selain itu flora ini juga sanggup dimanfaatkan untuk mengobati luka memar, membersihkan racun, serta aneka macam manfaat lainnya.

4. Daun Cincau


Tentu anda sudah tidak ajaib dengan flora cincau? Betul, flora yang sering diolah menjadi cendol ini mempunyai berbgai manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya mempunyai rasa yang sama-sama lezat.

Manfaat dari flora obat yang satu ini ialah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Sungguh luar biasanya bukan? Mungkin inilah flora obat yang mempunyai rasa yang lezat, hehehe.

5. Tanaman Obat Ajeran


Tanaman ajreran memang simpel ditemukan di sekitar kita. Banyak orang yang tidak akan menyangka jikalau flora ajeran ini sanggup dipakai untuk obat alami. Tanaman ajeran merupakan flora liar yang banyak tumbuh di sekitar kebun dan pagar.

Nama latin  dari flora ajeran ini ialah Bidens pilosa L dan  masih satu kerabat dengan flora jenis  Labiatae. Di masing masing kawasan flora ini mempunyai nama yang berbeda-beda, di Jawa dikenal dengan nama ketul, Sunda : Ajeran Malaysia : Kancing Baju dll.

Manfaat dau ajeran salah satunya yaitu untuk menurunkan demam, caranya dengan cara merebus dan meminum air rebusannya, selain itu sanggup juga dipakai untuk mencuci mata, caranya dengan merebus dan lalu tunggu hingga air rebusan masbodoh gres dipakai untuk mencuci mata.

6. Akar Alang-alang


Akar alang alang sudah banyak dipakai sebagai salah satu materi membuat obat tradisional. Tanaman alang alang banyak menjadi gulma untuk flora pertanian. Maka dari itu banyak petani yang memusnahkannya dengan memakai zat kimia.

Untuk mengobati panas dalam, sakit ginjal, mimisan, kencing batu, keputihan sanggup memakai manfaat dari flora alang alang ini. Kamu juga sanggup menggabungkan flora ini dengan flora obat lainnya sehingga membuat obat yang ampuh untuk menghilangkan penyakit.

7. Tanaman Akar Wangi


Tanaman akar wangi sudah terbukti sanggup bermanfaat untuk menyembuhkan aneka macam macam penyakit. Di juluki akar wangi alasannya ialah akar flora ini biasa dipakai sebagai sumber wangi-wangian. Aroma wangi tersebut didapatkan dari zat atsiri yang terkandung di dalam akar flora ini.
Bukan hanya akarnya saja, bab batang dan daun dari flora ini juga sanggup dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman ini mengandung vetiveron, asam vetivena, vetiverol, dan vetiverol ester yang sangat baik untuk tubuh. Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati rematik, pegel linu, watu ginjal, panas demam, serta sanggup dipakai untuk mengobati amis ekspresi dan amis badan.

8. Tanaman Akar Manis


Akar anggun mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Nama latin dari akar anggun ialah Glycyrrhiza Glabra L dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat zaman dahulu untuk mengobati aneka macam jenis penyakit.

Baca Juga : Inilah 7 Tanaman Obat Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Untuk mendapat flora obat ini, kita masih harus import dari luar negeri, alasannya ialah di Indonesia belum ada yang membudidayakan flora obat menyerupai ini. Dari hasil penelitian, di dalam akar anggun terkandung  beberapa zat diantaranya Glikosida Likuiritin, Glisirhisin, Umbeliferona, Saponin, Glukosa, Asparagin, dan Glabrolida. Khasiat dari akar anggun ini sanggup untuk mengobati penyakit tukak lambung, penyakit darah tinggi, dan penyakit batuk.

Dari beberapa flora obat di atas, mungkin ada sebagian dari flora tersebut yang pernah anda lihat bukan? atau mungkin bahkan sudah pernah mencoba khasiatnya. Semoga artikel ini sanggup menunjukkan manfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar