Skip to main content

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan. Daun kelor walaupun bentuknya kecil namun daun ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun kelor mempunyai kandungan yang banyak oleh sebab itu banyak para peneliti menyebutnya dengan pohon ajaib atau Miracle Tree.


Tanaman kelor juga sering di sebut sebagai Moringa oleifera dan masuk dalam kategori flora suku Moringaceae. Tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk lonjong dan mempunyai ukuran yang kecil dan tersusun dengan rapi pada tangkainya.tanaman ini biasanya di oleh sebagai sayaur untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. Tinggi dari tumbuhan ini berkisar antara 7 hingga dengan 15 meter dan juga mempunyai bunga yang berwarna putih kekuning kuningan serta mempunyai amis yang semerbak.tanaman ini mempunyai buah yang biasa di sebut kelentang, biasanya di masak sebagai sayur.

Penelitian dari tumbuhan ini di mulai dari daun,kulit batang,buah kemudian bijinya. Prnrlitian ini di mulai dari tahun 1980 dan negara yang dominan menanam tanamin kelor yaitu negara Somalia,sudan,etiopia,karena tumbuhan ini merupakan serpihan dari kehidupan sehari hari yang berfungsi sebagai sayuran dan juga menjaga kesehatan. Tanaman ini juga di perjual belikan. Manfaat tumbuhan kelor juga untuk menjaga tanah biar tidak longsor, sebab air dari hujan sanggup di tahan oleh akar tumbuhan ini.


WHO sebagai organisasi kesehatan di dunia menganjurkan anak anak dan bayi yang sedang dalam pertumbuhan mengkonsumsi tumbuhan ini, sebab tumbuhan ini mempunyai manfaat yang sangat baik sebab mengandung :

1. potassium 3 kali lipat di banding dengan pisang
2. mengandung kalsium 4 kali lipat di banding susu
3. mengandung vitamin c 7 kali lipat di banding jeruk
4. mengandung vitamin e 4 kali lipat di banding wortel
5. dan mempunyai 2 kali lipat protein di banding susu

WHO inilah yang menamai tumbuhan kelor sebagai miracle tree sehabis mereka melaksanakan penelitian dan tau akan manfaat tumbuhan ini yang juga sebagai penjaga kesehatan yang sanggup di dapatkan dengan harga murah selama 40 tahun di negara negara miskin di dunia.

Beberapa manfaat daun kelor

1. Mengatasi Alergi


 Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi alergi.caranya dengan merebus tiga gagang, kemudian campurkan adas pulasari secukupnya,dan ditambah satu siung bawang merah, kemudian tambahkan dengan air sebanyak tiga gelas, rebus hingga air mendidih dan sisa kira-kira dua gelas, kemudian disaring dan minum setiap hari secara rutin.

2. Mengobati Herpes

Daun kelor juga sanggup mengatasi kurap dan luka bernanah, caranya dengan menumbuk tujuh gagang daun kelor hingga halus kemudian tempelkan pada serpihan yang sakit.

3. Mengobati Sakit mata


Daun kelor juga bermanfaat untuk mengobati sakit mata, dengan  mengambil tiga gagang kemudian di tumbuk hingga halus dan tambahkan air satu gelas, dan kemudian aduk hingga rata, kemudian diamkan hingga mengendap ampasnya untuk digunakan airnya sebagai obat tetes mata.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
                     Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kita     


4. Manfaat daun kelor untuk Rematik

Daun kelor juga mempunyai manfaat untuk mengatasi pegal linu, nyeri. Caranya dengan mengambil dua gagang dan kapur sirih sebanyak setengah sendok makan kemudian di tumbuk hingga halus, kemudian sehabis halus gosokkan pada serpihan badan yang sakit sebagai param.

5. Menghilangkan flek wajah

Khasiat yang terakhir yaitu untuk menghilangkan flek pada wajah. Caranya ambillah beberapa daun yang masih muda, kemudian tumbuk hingga halus kemudian digunakan untuk bedak atau sanggup juga di campur dengan bedak.

Demikian beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan,semoga artikel ini sanggup membantu anda.
Terimakasih sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar